Selasa, 11 Desember 2018

Besarnya Biaya Logistik UKM

Tingginya suatu Biaya Logistik pada industri Usaha kecil menengah menjadi suatu hambatan utama dalam menggerakkan bisnis ini di Indonesia dalam memasarkan produknya hingga ke luar negeri. Dengan tingginya biaya logistik, memaksa industri usaha kecil menengah tanah air kesulitan dalam bersaing pada kancah industri luar negeri. Padahal, potensi industri usaha kecil menengah di Indonesia memiliki produk yang cukup diminati oleh pasar global.
Biaya Logistik
Biaya Logistik

Muhammad Yukka Harlanda, CEO atau Chief executief officer Brodo menuturkan bahwa tingginya biaya logisitk sangat menghambat ekspansi dan juga ekspor poduk sepatu lokal. Misalnya saja, untuk pengiriman sepatu dari malaysia ke Indonesia hanya membutuhkan biaya sebesar 5 sampai 10 dolar amerika serikat. Sementara itu, untuk melakukan ekspor dari Indonesia ke malaysia justru biayanya lebih tinggi hingga mencapai 3 kali lipatnya.

Sehingga Harlanda berpendapat bahwa pengiriman produk ke luar negeri terbilang masih lebih mahal jika dibandingkan dengan produk impor. Untuk itu, Harlanda berpendapat bahwa seharusnya, para pelaku industri UKM yang ingin mengekspor produknya diberikan insentif pajak agar dapat meningkatkan daya ekspor UKM Dalam Negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar